Blog

PKBM Generasi Juara Mengikuti Pelatihan Digital Marketing

Peserta antusias menyimak pemaparan pembicara Krisna Mukti selaku praktisi, General Trade, Modern Trade, Trade Marketing, Head BU. Pada Pelatihan Digital Marketing yang diselenggarakan oleh Markplus Bandung, di Campus MarkPlus, Jalan terusan Dr.Ir. Sutami Kav 7-8 Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/10/18).

Alhamdulilah pada hari Selasa, 30 Oktober 2018, PKBM Generasi Juara dapat memgirimkan perwakilannya untuk mengikuti Pelatihan Public Education Program "Digital Marketing" yang diselenggarakan oleh Mark Plus, Bandung, dengan diikuti oleh 31 peserta, yang pesertanya dari beberapa perusahaan yaitu : PT. Aero Geosurvey Indonesia, PT. Belaputera Intiland, PT. Pupuk Kujang, dan Bank Negara Indonesia, dan PKBM Generasi Juara.

Dalam pelatihan tersebut dibagi dalam 2 sesi :

  1. Digital Marketing and the New Customer Journey
  2. Creative Tactics in Digital Marketing

Banyaknya jumlah pengguna internet tidak lantas memberikan jaminan keberhasilan digital marketing. Ramainya brand yang mulai menggunakan digital marketing justru menjadi tantangan tersendiri untuk membuat digital marketing perusahaan dilirik pelanggan. Bagaimana strategi digital marketing bisa secara efektif mempengaruhi pelanggan di customer journey-nya menjadi kunci keberhasilan.


Materi Public Education Program, Markplus Bandung

Dalam dunia bisnis, marketing atau pemasaran merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Sejalan dengan berkembangnya teknologi yang ada saat ini, strategi dalam melakukan pemasaran pun juga mulai berubah ke arah yang lebih modern. Jika dulu hanya menggunakan media promosi seperti surat kabar, majalah, radio, ataupun televisi, kini pemasaran sudah dilakukan dengan teknologi internet, atau yang kemudian dikenal dengan istilah digital marketing

Lantas, apa manfaat digital marketing untuk bisnis Anda? Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Menghemat biaya promosi,  Ya, strategi promosi menggunakan media internet memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan cara-cara konvensional seperti brosur, baliho, atau membuat iklan di radio dan televisi. Oleh sebab itu, bagi Anda yang baru memulai bisnis dan ingin bisnis Anda bisa cepat dikenal banyak orang, sebaiknya pilihlah strategi digital marketing untuk melakukan promosi.
  2. Menjangkau pasar yang lebih luasdigital marketing dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, maka bisnis yang Anda kelola tentunya juga bisa dikenal tidak hanya di wilayah Anda, tetapi juga di wilayah-wilayah lainnya. Dengan begitu, kesempatan memperoleh pelanggan pun juga bisa semakin besar.
  3. Sarana untuk meningkatkan penjualan, sudah barang pasti bahwa tujuan dari kegiatan pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan dari suatu produk bisnis. Nah, karena digital marketing dapat menjangkau lebih banyak target pelanggan, maka hal ini nantinya juga akan berimbas pada meningkatnya penjualan Anda.
  4. Sarana penghubung yang baik dengan konsumen, Pelanggan atau customer merupakan salah satu hal penting dalam suksesnya sebuah bisnis. Oleh sebab itu, membangun kedekatan yang baik dengan pelanggan tentunya sangat penting.  Mengingat media yang digunakan dalam pemasaran digital memungkinkan terjadinya percakapan melalui dunia maya, maka batasan ruang dan waktu akan menjadi lebih kecil dan keakraban antara penjual dan pelanggan pun bisa semakin mudah terjalin.
  5. Memberikan kemudahan dalam melihat perubahan bisnis,  mengetahui perubahan bisnis merupakan hal yang sangat penting. Masalahnya, tidak semua pebisnis bisa dengan cepat mengetahui perubahan dalam bisnisnya. Namun, dengan strategi digital marketing, hal ini tidak akan menjadi masalah, karena perubahan bisnis bisa dengan mudah Anda ketahui tanpa harus menunggu waktu yang lama. Dengan begitu, analisa dan evualuasi bisnis pun juga bisa Anda lakukan dengan cepat.
  6. Membantu bersaing dengan perusahaan besar, sebelum teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat seperti sekarang, pengusaha kecil atau pemula biasanya akan sulit sekali bersaing dalam dunia bisnis. Namun, tidak untuk sekarang. Dengan melakukan pemasaran yang tepat sasaran menggunakan berbagai media digital yang ada, pebisnis pemula bahkan tidak hanya bisa sejajar dengan pesaingnya, tetapi juga sangat mungkin untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang sudah besar.
  7. Persiapan menuju era Internet of Things, Lembaga riset teknologi Gartner menyatakan bahwa di tahun 2020, dunia akan memasuki era baru yang bernama Internet of Things (IoT). Era ini adalah sebuah era di mana segala hal akan terintegrasi dengan internet, mulai dari ponsel, jam tangan, lemari es, mobil, dan banyak hal lainnya.
Materi Public Education Program, Markplus Bandung 

Dengan adanya hal tersebut, strategi pemasaran secara digital tentunya akan lebih banyak dimanfaatkan daripada pemasaran secara konvensional. Apabila Anda tidak segera menerapkannya, bisa jadi bisnis Anda akan semakin tertinggal oleh pesaing-pesaing Anda yang sudah memanfaatkan pemasaran secara digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *