Artikel

CARA MENYEIMBANGKAN WAKTU BAGI BUNDA YANG BEKERJA DI LUAR RUMAH

Assalamu’alaykum…

Apa kabarnya ayah dan bunda?

Semoga selalu dalam keadaan yang sehat dan dilindungi oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Sesibuk apapun, kita sebagai orangtua memiliki amanah yang dititipkan oleh Yang Maha Kuasa yang harus kita jaga. Terlebih lagi bagi perempuan atau para bunda. 

Tidak jarang perempuan merasa dilema dalam pilihan hidupnya terlebih di zaman milenial seperti sekarang ini. Tidak jarang perempuan menjadi seorang wanita karir atau berkarir dengan tetap mendampingi buah hati dengan tujuan membantu perekonomian keluarga. 

Katakanlah (wahai Muhammad), bekerjalah kalian! maka Allah, Rasul-Nya, dan para mukminin akan melihat pekerjaanmu“ 

(QS. At-Taubah:105)

Perintah dalam ayat tersebut ditujukan untuk laki-laki maupun perempuan. Sehingga dalam islam pun tidak melarang perempuan untuk bekerja asalkan tetap dalam kaidah syariat yang telah di tentukan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Nah, perempuan sebagai makhluk yang spesial, tidak akan pernah bisa lepas dari tugas-tugasnya seperti reproduktif, produktif dan sosial.

Namun ada kalanya membagi waktu antara bekerja dan keluarga sulit untuk diimbangi.

Betul atau betul? hihihi...

Ada sedikit tips nih bagi bunda-bunda dalam membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan.

Yang pertama Membuat Tabel Skala Prioritas dan Timeline. Hal ini dapat dibagi menjadi 3, yaitu: urusan rumah tangga, urusan pekerjaan dan me time.

Urusan rumah tangga dapat mencakup kebutuhan rumah tangga itu sendiri, melayani suami, masalah keuangan, menu masakan yang akan dibuat, mendampingi pendidikan anak dan lain-lain.

Untuk urusan pekerjaan, bekerjalah dengan profesional bunda, aturlah jadwal se-sistematis mungkin sehingga apapun yang dikerjakan dapat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. hal ini juga berlaku bagi para bunda yang bekerja di rumah loh! 

Urusan me-time, terkadang menjaga kewarasan ditengah-tengah kesibukan sebagai wanita karir yang juga seorang ibu rumah tangga me-time harus dijalankan. hihihi. 

Me time disini dapat dilakukan dengan bermunajat kepada Allah Sang Maha Pencipta, pemilik segala rencana. Dengan berdoa, mendengarkan kajian, membaca Al-Quran hati menjadi lebih tenang. Selain itu me-time dapat dilakukan dengan membaca buku dan berbagai hal positif lainnya.

Yang kedua, Membagi Pekerjaan Kepada Anggota Keluarga

Dengan begitu, pekerjaan yang sebelumnya membutuhkan banyak waktu dapat selesai lebih cepat. 

Yang ketiga, Waktu Yang Berkualitas bagi Anggota Keluarga

Disela-sela kesibukan sebagai wanita yang berkarir, waktu yang berkualitas merupakan pelipur lara disaat terdapat perasaan ‘jauh’ dengan suami ataupun sang buah hati. Milikilah waktu berkualitas ini dengan melakukan kegiatan yang dilakukan bersama-sama.

Nah tips diatas itu bukan untuk para bunda saja loh! tips tersebut juga dapat dilakukan oleh para ayah dan ananda!

Mau tahu tips yang lainnya....................?

Yuk, tunggu di acara NGOPI yang akan datang ya… 

Semoga dapat selalu menginspirasi! 

Salam Generasi Juara

No Admin : 0878-8252-5896

Web : https://generasijuara.sch.id/

Sosmed : https://www.instagram.com/pkbmgenerasijuara/

#parenting #ilmuparenting #acaraNGOPIGenerasiJuara #

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *