ArtikelBerita

SIMULASI ASSESMEN NASIONAL PKBM GENERASI JUARA

Alhamdulillah pada tanggal 1 September tahun 2021, diadakan simulasi Assesmen Nasional dan PKBM Generasi Juara turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan simulasi tersebut.

Assesmen Nasional diadakan oleh KEMDIKBUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan sebagai program evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.
  2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid
  3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi

  1. Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
  2. Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Bentuk soal Asesmen Nasional

  1. Pilihan ganda
  2. Pilihan Ganda Kompleks
  3. Menjodohkan
  4. Isian Singkat
  5. Uraian

link resmi https://anbk.kemdikbud.go.id/#home

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *